Jelang Lebaran, Kiriman Uang TKI DIY Capai Rp 322 M

By Admin

nusakini.com--Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah, diperkirakan banyak tenaga kerja Indonesia (TKI) yang mudik, pulang ke tanah air. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY tidak memantau kepulangan TKI, namun mendapat laporan total pengiriman uang antar negara (remitensi) yang dilakukan TKI ke wilayah DIY cukup besar. 

"Selama tahun 2015 remitensi di 11 Bank di wilayah DIY total mencapai Rp 322 Miliar, hal ini menunjukkan para TKI DIY menjadi pahlawan devisa bagi Indonesia," jelas Kepala Dinaskertrans DIY, dr. Andung Prihadi S MKes, seperti dilansir, KRjogja.com, Selasa, (21/6). 

Selain itu, TKI yang mudik Lebaran di DIY juga membawa uang cash dan membelanjakan uangnya untuk berlebaran. "Mengenai prediksi uang remitensi yang terkirom saat Lebaran 2016 ini belum bisa disampaikan karena data dari bank-bank baru dilaporkan akhir tahun," jelas Andung.  

Sementara itu, di Malang, Jawa Timur, jumlah uang yang dikirim tenaga kerja Indonesia (TKI) melalui Kantor Pos Besar Malang, meningkat tajam. Jumlah kiriman mencapai Rp 1,5 miliar hingga Rp 2 miliar per hari atau Rp 30 miliar per bulan. 

Manajer Penjualan Kantor Pos Besar Malang Imam Syafii mengatakan, sejak 1 Juni hingga 20 Juni 2016, jumlah uang yang dikirim TKI dari berbagai negara mencapai Rp 26 miliar. Jumlah itu naik Rp 6 miliar dibanding tahun lalu.(p/ab)